• Laman

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

Wisata alam Guci

ss.jpg

Guci , Apa yang anda bayangkan ketika mendengar satu kata ini ? Pertama mungkin anda akan berpikir tentang sebuah benda yang berbentuk seperti pot besar dari keramik yang sangat indah. Tapi hapus anggapan seperti itu jika anda datang ke Kabupaten Tegal .Ya,jika anda datang ke kabupaten Tegal maka anda akan mendapati bahwa Guci adalah salah satu nama objek wisata yang sangat tersohor bahkan sampai keluar kabupaten Tegal itu sendiri.Lokasi objek wisata ini tepatnya berada di desa guci kecamatan Bumijawa yaitu kecamatan paling selatan di kabupaten Tegal yang berada tepat di bawah kaki gunung Slamet(3.428 M) yaitu sekitar 30 km dari kota Slawi atau 40 km dari kota Tegal menuju ke selatan.

sd8.jpg

Objek wisata Guci di Kabupaten Tegal

Kenapa dinamakan guci ?
Dulu air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Dinamakan guci karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci) dan berkhasiat endatangkan berkat,Kemudian karena air pemberian wali itu hanya sedikit, maka pada malam Jumat Kliwon, utusan wali itu menancapkan tongkat sakti ke tanah. Kemudian atas izin Tuhan, kemudian mengalir air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini.

sd21.jpg

Nikmati kesegaran alami objek wiasta guci

Untuk menuju objek wisata ini sangatlah mudah .Jika anda datang dari kota Tegal anda bisa langsung meuju ke arah selatan menuju ke kota slawi dan terus ke selatan menuju ke arah Bumijawa.Sesamapinya di sebuah pertigaan di desa tuwel belok ke arah kiri , ikuti saja jalan hingga anda sampai di satu pertigaan lagi dan sebuah gapura besar menanti anda untuk mulai memasuki objek wisata guci. Mudah bukan ? namun, Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi anda tidak perlu khawatir karena dari arah kota slawi ada mobil angkutan jurusan Slawi-Guci yang langsung menuju ke objek wisata Guci.

Guci layak anda kunjungi karena saya yakin anda tidak akan menyesal berkunjung ke objek wisata ini dan anda akan merasakan objek wisata Guci yang memiliki kekhasan tersendiri di banding objek wisata lain, karena disini anda akan merasakan suasana alam pegunungan dengan kesegaran alami dan dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu dengan fasilitas-fasilitas objek wisata ini bisa dikatakan juga sangat lengkap mulai dari penginapan,kolam renang,hotel, lapangan tenis,bumi perkemahan,wisata hutan dll.

sd1.jpg

Salah satu sudut di objek wisata guci

Satu yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda berkunjung ke objek wisata guci yaitu berendam di kolam air panas.Ini memang harus anda coba karena Guci memang terkenal dengan air panasnya yang alami. disini ada banyak kolam pemandian umum air hangat tapi yang palng terkenal adalah pemandian umum pancuran 13 ,Selain itu anda juga bisa berendam di pancuran tujuh .Konon jika anda berendam di air panas ini maka berbagai penyakit seperti rematik rematik,kudis,koreng,borok(??),dan penyakit kulit lainya bisa disembuhkan.

Setelah atau sebelum itu anda bisa juga berjalan-jalan keliling objek wisata yang berada lebih dari 1000 meter dpl. ini , Sehingga anda akan melihat keindahan alam guci dan merasakan kesegaran alamnya.Anda bias berjalan menelusuri hutan pinus hingga naik ke atas bukit yang ada di objek wisata ini. Jika anda ingin berjalan-jalan dengan cara yang berbeda maka dengan uang receh anda bisa menyewa seekor kuda untuk berkeliling. Tak usah khawatir jika anda tidak bisa menunggang kuda karena pemilik kuda dengan senang hati bersedia membantu anda .

sd4.jpg

Kuda , alternatif lain untuk berkeliling guci

Seusai jalan-jalan jika anda merasa lapar, andatidak perlu khawatir mencari makanan atau jajanan karena disini banyak sekali penjual makanan dari mulai warung-warung kecil sampai restoran .Pokoknya semuanya lengkap disini. Begitu pula jika anda ingin berlama-lama di objek wisata ini anda bisa menginap selama beberapa hari disini. Ada banyak sekali wisma,villa dan hotel untuk anda menginap.

Setelah anda puas tak lengkap rasanya jika anda meninggalkan objek wisata guci tanpa membeli oleh-oleh,sangat mudah untuk mendapatkan oleh-oleh disini karena disini banyak sekali penjual-penjual souvenir mulai dari kaos hingga barang-barang kerajinan yang khas guci . Selain itu juga anda bisa membeli beraneka macam makanan untuk dibawa pulang mulai dari manisan cermai,manisan pepaya bahkan hingga sayur-sayuran dan buah-buahan yang sangat segar karena dijual langsung oleh penduduk di desa guci.

selengkapnya klik disini

Tinggalkan komentar